Rabu, 15 Mei 2013

Cara Kerja SolidDB

Seperti pernah disinggung pada postingan saya sebelumnya yang mengenai arsitektur solidDB, SolidDB merupakan database yang memiliki prinsip primary - secondary, sehingga SolidDB memiliki High availability atau ketersedian yang tinggi. Sehingga solidDB cocok untuk database yang memiliki aplikasi kebutuhan realtime yang tinggi, dikarenakan solidDB memiliki dua mesin yaitu primary dan secondary yang berjalan saling tersinkronisasi.



Ketika satu mesin mati maka mesin yang lain yang masih menyala akan membackup services database yang mati tersebut, sehingga tidak ada down services untuk aplikasi. sehingga solidDB sangat cocok untuk aplikasi realtime seperti aplikasi billing.

kalau di gambarkan persis sama dengan arsitektur solidDB :


kalau diperhatikan aplikasi terhubung dengan dua mesin dari database solidDB sehingga apabila slah satu mati maka akan terjadi fail over.

Pada solidDB primary dan secondary berjalan secara tersinkronisasi, primary dikhususkan untuk read-write sedangkan secondary dikhususkan untuk read-only. sehingga untuk proses insert, update, delete, dan eksekusi procedure hanya bisa dilakukan di primary sedangkan untuk proses select bisa dilakukan di secondary sehingga meringkan kerja server.

Kemudian bagaimana jika primarynya down? disinilah kehebatan dari solidDB, status mesin yang tadinya secondary akan otomatis berubah menjadi primary alone yang artinya mesin tersebut primary tetapi hanya tunggal. ketika mesin yang satunya lagi sudah UP maka database bisa kembali di switch yang tadinya primary alone bisa berubah kembali jadi secondary active, dan mesin yang baru nyala bisa menjadi primary active kembali.

4 komentar:

  1. wahhh akhirnya ada blog mengenai soliddb juga :)...

    maaf master soliddb. saya ada masalah mengenai dump soliddb, mohon bantuannya ya master soliddb....

    misalnya saya mempunya data sbb :


    0001|2222|6677678|212121
    0002|3333|3232322|322323

    misalnya data di atas ada 5 juta record.

    yg menjadi pertanyaan saya adalah :

    1. saya harus ngedump/insert data tersebut ke table.
    2. Dengan syarat setiap 1 juta record melakukan commit work


    mohon bantuan master of soliddb.... maaf udh ngerepotin ya. soalnya saya browsing nga ketemu2 juga...

    salam kenal,

    sapeiii...



    BalasHapus
  2. terimakasih atas kunjungan dan pertanyaan dari mas sapei,

    sebelumnya saya bukanlah master soliddb karena masih banyak lebih jago dari saya dan saya pun masih harus banyak belajar :)

    untuk pertanyaan mas sapei, ini harus memakai concat pada saat dump/insert, dan harus dimasukkan ke dalam sheell script untuk menjalankan proses insert ini, dalam shell script tersebut harus ada penggulangan dimana setiap 1 juta record ada commit work.

    untuk lebih jelasnya, insya allah nanti saya akan buatkan, posting khusus untuk pertanyaan mas

    Regards

    Banu Salman

    BalasHapus
  3. Susah cari-cari masalah solidDB ketemu ternayta di blognya bang Banu. Lanjutkan bang, saya tunggu penjelasan solid tentang solidDB-nya lagi bang.

    Sekedar saran bang, bang Banu mungkin perlu buat semacam satu post yang isinya nanti kita bisa tanya jawab bang seputar solidDB.

    Regards

    Lanusgana Amerta

    BalasHapus
  4. thanks gan, sarannya akan ditampung :)

    BalasHapus