Minggu, 12 Mei 2013

Arsitektural SolidDB

SolidDB menggunakan client/server. Dalam proses kerjanya, sesssion pada SolidDB terdiri atas client dan server yang bersinergi dalam proses kerjanya. Server mengelola database, kemudian menerima koneksi ke database dari aplikasi client yang kemudian database dikelola oleh server sesuai dengan permintaan aplikasi client.



Proses klien digunakan untuk melewati tugas yang dibutuhkan (melalui proses server) ke database. Ada dapat beberapa jenis klien: klien bisa menjadi alat baris perintah, aplikasi grafis, atau alat pemeliharaan database. Biasanya, aplikasi yang berbeda bertindak sebagai klien untuk menyambung ke solidDB.


Klien dan server dapat berada pada host yang berbeda (node), dalam hal ini mereka berkomunikasi melalui jaringan. solidDB menyediakan dukungan simultan untuk beberapa protokol jaringan dan jenis koneksi. Kedua server database dan aplikasi-aplikasi client dapat dihubungkan secara bersamaan ke beberapa situs menggunakan beberapa protokol jaringan yang berbeda.

solidDB juga dapat dijalankan dalam proses aplikasi. Ini disediakan oleh solidDB berbagi akses memori (SMA) dan akses perpustakaan terkait (LLA). Dalam hal ini, aplikasi ini terkait dengan fungsi perpustakaan yang disediakan dengan produk. Aplikasi terkait berkomunikasi dengan server dengan menggunakan fungsi panggilan langsung, sehingga melewatkan overhead yang diperlukan ketika klien dan server berkomunikasi melalui protokol jaringan seperti TCP / IP. Dengan mengganti koneksi jaringan dengan fungsi panggilan lokal, kinerja meningkat secara signifikan. Untuk informasi lebih lanjut, lihat IBM solidDB Bersama Memory Access dan Linked Panduan Perpustakaan User Access.

Untuk mengirimkan permintaan (pernyataan SQL) ke server database, klien harus mampu berkomunikasi dengan database server. solidDB, seperti banyak server database lain, menggunakan driver untuk memungkinkan komunikasi ini. Aplikasi client memanggil fungsi-fungsi dalam driver, dan sopir kemudian menangani komunikasi dan rincian lainnya dengan server. Sebagai contoh, Anda mungkin menulis sebuah program C yang memanggil fungsi dalam (ODBC) driver, atau Anda mungkin menulis sebuah program Java ™ yang memanggil fungsi dalam (JDBC) driver.



Sumber : Translate from IBM SolidDB 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar